Jumat, 22 November 2013

Manfaat Nangka

manfaatnyasehat.blogspot.com

Nangka mempunyai nama latin Artocarpus heterophyllus dan termasuk dalam famili Moraceae. Dalam bahasa Inggris buah nangka dikenal dengan sebutan Jackfruit. Nangka masih bersaudara dengan cempedak dan sukun.

Buah nangka memiliki sifat manis dan tekstur yang agak kenyal. Sangat berbeda dengan durian walaupun buahnya hampir mirip, sama-sama memiliki kulit luar berduri. Namun dri kulit nangka tidak setajam duri kulit buah durian.

Karena rasanya yang manis buah nangka yang masak sudah biasa dikonsumsi dan diperjualbelikan di masyarakat. Harganya pun cukup murah. Selain dikonsumsi sebagai buah masak, buah nangka muda juga sering dijadikan makanan lain sebagai teman nasi. Makanan paling populer dari buah nangka muda adalah gudeg yang merupakan kuliner khas Jogja.

Siapa sangka, di balik rasanya yang manis, buah nangka ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nangka mengandung vitamin A, vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, kalsium, potasium, zat besi, dan magnesium.


Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Beberapa manfaat kesehatan nangka seperti dimuat di lifemojo, meliputi:

Menyehatkan perut dan usus

Nangka baik untuk pencernaan dan dapat membantu penyembuhan borok dan gangguan pencernaan. Selain itu, serat yang tinggi pada buahnya mencegah sembelit dan membantu buang air besar lebih lancar dan teratur. Seratnya juga melindungi selaput lendir usus besar dengan menjauhkan bahan kimia karsinogenik dari usus besar.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Nangka merupakan sumber yang sangat baik dari vitmain C, antioksidan kuat yang membantu mencegah pilek dan infeksi. Vitamin C membantu berfungsinya sistem kekebalan tubuh dengan mendukung fungsi sel-sel darah putih.

Perlindungan terhadap kanker

Selain mengandung vitamin C (antioksidan kuat), nangka juga kaya fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang dapat melawan kanker. Fitonutrien ini juga membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh penyebab kanker dan memperlambat degenerasi sel yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif.

Menurunkan tekanan darah

Nangka merupakan sumber makanan kaya kalium, sekitar 300 mg dalam 100 gram nangka. Kalium penting bagi tubuh karena membantu menjaga cairan tubuh dan keseimbangan elektrolit dalam sel-sel tubuh dan membantu mengatur tekanan darah, sehingga mengurangi risik jantung dan stroke.

Membantu penglihatan

Buah ini mengandung vitamin A, antioksidan kuat yang bermanfaat untuk penglihatan. Vitamin ini juga menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir serta menaikkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan energi. Nangka dianggap sebagai buah pembangkit energi karena kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Makan buah ini membuat merasa direvitalisasi seketika.

Manfaat lain

Buah nangka mengandung mineral seperti mangan, besi, dan magnesium. Nangka juga mengandung banyak vitamin B seperti riboflavin, vitamin B6, asam folat dan niasin.
  • Zat Besi mencegah anemia, mangan serta magnesium penting untuk kesehatan tulang.
  • Magnesium penting dalam penyerapan kalium dan bekerja dengan kalsium membantu tulang tetap kuat dan mencegah gangguan yang berhubungan dengan tulang.
  • Mangan diperlukan dalam tubuh membantun tulang dan jaringan ikat.
  • Niasin penting dalam menjaga kesehatan kulit dan sistem saraf.
  • Sementara vitamin B6 membantu mengurangi kadar homosistein dalam darah (peningkatan kadar homosistein berhubungan dengan penyakit kardiovaskular).

Nah, siapa di sini yang baru mengetahui kalau buah nangka berkhasiat bagi kesehatan? Jadi mulai sekarang jangan pernah meremehkan buah nangka meskipun harganya murah.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Dewi