Kamis, 07 November 2013

Beda Cowok dan Cewek (01)

Perbedaan Pertama
“Cowok menghadapi tekanan dengan menyembunyikan diri
VS
Cewek menghadapi tekanan dengan membicarakannya”


Hampir setiap orang dilanda stress. Tidak peduli tua atau muda sama-sama berpotensi mengalami stress. Ada beragam penyebab stress. Remaja stress umumnya disebabkan karena nilai ujian yang jelek, keinginan tidak dipenuhi orang tua, malu tidak memiliki barang sebagus milik teman, tak kunjung memiliki pacar, atau bertengkar dengan pacar, sampai malu berjerawat. Karena hal-hal tersebut, seorang remaja merasa tertekan, gundah, marah dan kecewa dengan dirinya sendiri dan hidupnya. Tidak jarang ada yang kemudian bunuh diri karena merasa hidupnya sangat mengecewakan.
Lain lagi dengan mereka yang menjelang dewasa. Umumnya mereka stress karena skripsi tak selesai-selesai, tak kunjung memperoleh pekerjaan atau kalaupun bekerja tidak sesuai dengan keinginannya., beban kerja menumpuk, bertengkar dengan pasangan, masalah keuangan, sampai malu belum semapan teman-teman.
Apa yang biasanya dilakukan orang ketika stress datang? Sebagian orang mengalihkan perhatian dari hal-hal yang membuat stress. Sebagian yang lain diam sambil meratapinya. Kemudian secara otomatis seseorang akan berupaya untuk mengembalikan lagi suasana hatinya menjadi normal kembali. Nah, dalam hal menanggapi stress inilah terdapat perbedaan antara cowok dan cewek.


Jika cowok stress maka dia akan
menyembunyikan diri

Bagi cowok, mengalami stress adalah hal yang memalukan. Mereka merasa bahwa stress adalah pertanda bahwa dirinya telah gagal dalam berbuat sesuatu. Mereka merasa tak mampu mengendalikan keadaan. Harga dirinya ikut luka. Itu sebabnya mereka tak ingin orang lain tau bahwa dirinya sedang stress. Lantas akibatnya dia menyembunyikan diri dari hubungan dengan orang lain. Dia ingin sendirian.
Jika tiba-tiba seorang cowok menarik diri dari hubungn sosial dengan orang lain, enggan kumpul-kumpul, lebih suka melakukan kegiatan secara individual (mancing, jalan-jalan sendiri, belanja sendiri, ke toko buku sendiri, nonton film sendiri, atau menutup diri di kamar) atau menggabungkan diri dengan komunitas baru yang belum dikenalnya, maka boleh jadi dia sedang stress.
Bersembunyi akan membuat cowok sejenak melepaskan diri dari stress yang menekan. Lebih penting dari itu, bersembunyi membuat mereka bisa menyusun kembali strategi untuk bisa mengatasi penyebab stress. Mereka bisa menimbang-nimbang berbagai hal dengan lebih adil dan cermat. Mereka juga bisa berpikir lebih jernih tanpa dikuasai suasana emosi yang bergejolak. Ibaratnya mereka sedang bersemedi. Begitu keluar dari persemedian, mereka akan muncul sebagai manusia baru yang lebih kuat. Suasana hatinya pun telah kembali normal.

Jika cowok itu kekasihmu, maka ingatlah beberapa hal berikut:
1.    Cowok tidak memerlukan saran apapun dari kamu. Dia bersembunyi karena ingin memecahkan masalahnya sendiri. Jika dia telah keluar dari persembunyiannya, maka berarti dia telah menemukan solusi masalahnya sendiri.
2.    Cowok tidak ingin ditanyai. Pertanyaan apapun tentang dirinya akan membuatnya gusar.
3.    Biarkan saja dia bersembunyi. Tidak perlu dipedulikan. Jika waktunya tiba, dia akan kembali ke hidupmu seperti sedia kala. Tak usah cemas dia ingin meninggalkanmu. Dia hanya sedang bersembunyi. Itu sementara saja.


Jika cewek stress maka dia akan
membicarakannya

Berbeda dengan para cowok, cewek justru cenderung ingin membicarakan stress yang dialaminya. Mereka ingin curhat. Ceritanya ingin didengarkan. Dia butuh seseorang yang bisa mendengarkan cerita-ceritanya, tanpa menghakimi. Itulah kenapa sahabat terbaik bagi seorang cewek adalah seseorang yang bisa menjadi pendengar yang baik. Bisa dipastikan jika seorang cewek ditanya tentang kriteria sahabat terbaik baginya, maka dia akan menjawab, “Dia yang bisa menjadi teman curhat!”
Begitu pun cowok yang akan bisa merebut hati cewek selamanya adalah mereka yang bisa menjadi teman curhat bagi si cewek.
Curhat memiliki arti besar bagi para cewek. Dengan curhat, mereka akan menemukan kelegaan hati. Mereka menjadi lebih tenteram. Kegundahan hati biasanya akan berkurang hanya dengan menceritakan masalah yang menimpanya. Hal itu semacam obat pengurang rasa sakit. Curhat adalah analgesik bagi cewek.
Tidak hanya itu, dengan curhat mereka juga merasa adanya seseorang yang mendukungnya saat stress. Jadi, ia tidak merasa sendirian di dunia ini. Bahkan tidak jarang, dari curhat pula mereka bakal menemukan solusi bagi masalahnya.

Jika cewek itu kekasihmu, maka ingatlah beberapa hal berikut:
1.    Cewek tidak bermaksud menyalahkanmu atau menganggapmu bertanggungjawab atas stress yang menimpanya. Jadi, jangan melawannya. Dia sungguh-sungguh hanya ingin bercerita dan untuk memperoleh dukungan dari kamu.
2.    Cewek yang curhat hanya perlu didengarkan. Kamu tak perlu merasa cemas tak akan bisa membantunya.
3.    Kalaupun kamu merasa yakin punya solusinya, biarkan dia untuk hanya bercerita padamu. Jangan buru-buru sok tahu memberi taunya apa yang terbaik baginya.

Ngomong-ngomong, tahukah kamu cara menghindari stress?
Berikut tips sederhana untuk menghindari stress menghampiri hidupmu:
1.    Menerima keadaan diri sendiri. Hargailah segala kelebihan dan kekurangan dirimu dengan penuh rasa syukur.
2.    Buanglah jauh-jauh keinginan untuk menyaingi orang lain yang tidak setara denganmu.
3.    Berkeinginanlah menjadi yang terbaik karena itu berguna bagi kehidupanmu bukan untuk menyombongkan dirimu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Dewi