Jumat, 22 November 2013

Manfaat Jambu Monyet

http://www.buahdansayur.com
Anacardium occidentale atau yang masyhur kita kenal sebagai jambu monyet adalah tanaman dari suku anacardiaceae yang berasal dari Brazil. Jambu monyet semakin terkenal  karena bijinya yang gurih dan sering disebut sebagai kacang mede, kacang mete, atau kacang mente. Uniknya, tak seperti buah lain yang bijinya di dalam daging buah, biji mete ini berada di luar buah. Kemudian, biji yang dikeringkan lalu digoreng ini dapat dijadikan berbagai macam cemilan yang lezat.
Di Indonesia sendiri, jambu monyet mempunyai nama yang berbeda-beda, di antaranya : jambu mente (Jawa), jambu mede (Sunda), Gaju (Lampung), jhambu monyet (Madura), jambu erang (Minang), buah yaki (Manado), dan jambu masong (Makasar).


Nah, coba lihat ciri-ciri khas tanaman jambu monyet ini :
Bagian tanaman Ciri khas tanaman
Batang Tidak rata dan berwarna coklat tua
Daun Bertangkai pendek dan berbentuk lonjong dengan tepian berlekuk-lekuk dan guratan rangka daun yang terlihat jelas
Bunga Putih, bagian buahnya yang membesar berdaging lunak berair dan berwarna kuning kemerah-merahan adalah buah semu, bagian itu bukanlah buah sebenarnya tetapi merupakan tangkai buah yang membesar
Buah Buah batu yang berbentuk seperti ginjal dan kulitnya keras
Biji Berkeping dua dan mengandung getah.


Jambu monyet mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tubuh kita, di antaranya : Kaya akan vitamin A, vitamin C, lemak, kalsium, fosfor, besi, protein, hidrat arang, dan air. Selain itu, jambu monyet juga mengandung senyawa kimia yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti septik, seperti tannin, anacardic acid, dan cordol.
jambu-monyet2
Selain buah dan bijinya yang dapat dimanfaatkan, daun dan kayu jambu monyet pun banyak mengandung zat yang berguna untuk kesehatan kita, yang sering juga digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Di antaranya adalah :
  • Mengobati Sariawan
  • Mengobati jerawat
  • Radang pada mulut rahim
  • Mengatasi disentri
  • Mengatasi radang tenggorokan
  • Mengobati diabetes

Berikut beberapa contoh ramuan tradisional dengan memanfaatkan jambu monyet :
  • Disentri
Caranya : Ambil 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang pohonnya. Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan ½ liter air sampai mendidih, kemudian saring dan minum 2 kali sehari pagi dan sore.
  • Diabetes
Caranya : Ambil 2 potong kulit jambu monyet dan adas pulowaras secukupnya. Kedua bahan direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring dan diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
  • Radang tenggorokan
Caranya : Cuci 5 buah semu jambu monyet, lalu parut. Tambahkan 4 sendok makan air masak dan 2 sendok makan madu aduk rata, peras ramuan tersebut lalu saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur kemudian telan, sehari 3 kali masing-masing 2 sendok makan.
  • Mengatasi sembelit
Caranya : Cuci 10 kulit kayu jambu monyet, rebus dalam 2 gelas air sampai mendidih, dinginkan. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari.

Semoga bermanfaat!

1 komentar:

silvi landa mengatakan...

Manfaat jambu monyet bagi tubuh
Agen Sbobet

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Dewi